Senin, 18 Oktober 2010

programming project 2


DANIEL ELFRESH GUNAWAN | Grogol.
Di daerah grogol, saya menemukan ternyata banyak institusi pendidikan. Yang kita ketahui paling besar adalah universitas trisakti dan tarumanegara. Daerah tersebut ternyata menjadi daerah pendidikan di daerah grogol tersebut.
Di sana juga banyak tempat les-les-an seperti primagama, dll.
Namun, saya juga menemukan ternyata banyak juga institusi pendidikan di daerah tersebut yang masih kurang memadai jika disebut sebagai institusi pendidikan. Yaitu sekolah-sekolah negri yang ada di sana. Baik yang peruntukan sekolah SD-SMP-SMA.
Setelah saya survey, sekolah-sekolah negri di sana masih tergolong jelek kualitas fasilitasnya, padahal milik pemerintah. Mulai dari bangunan yang reyot, tak ada perpustakaan, bangku rusak, dll.
Bagaimana Indonesia bisa maju jika kualitas pendidikan untuk calon penerus masa depan saja seperti ini kualitasnya.
Saya terpikir sebuah program pendidikan yang bersifat mendukung pendidikan yang ada di daerah sana. Saya terpikir daripada saya membuat sebuah universitas lain atau sekolah lain yang bersifat akan berkompetisi, maka saya berpikiran untuk membuat sebuah fasilitas pendidikan pendukung saja.
Apa yang saya dukung? Jawabannya adalah kualitas pendidikan.
Bagaimana caranya? Tak mungkin saya membantu membuat gedung baru, dll.
Saya terpikir bahwa buku adalah sumber ilmu. Saya percaya seseorang dapat menjadi pintar dan berhasil tanpa sekolah, namun hanya dengan buku saja. Bagaimana mendidik / memberi pendidikan kepada orang atau anak-anak dengan buku?
Buku adalah sumber ilmu, jadi saya ingin memberi ilmu kepada anak-anak di sekolah negri tersebut, yang kualitas pendidikannya minim.
Saya berpikir bahwa dengan menyediakan fasilitas buku, anak-anak di daerah tersebut yang ingin belajar lebih banyak akan menggunakan fasilitas penyediaan buku ini.
Sifatnya mungkin peminjaman buku secara gratis. Program yang lebih ke arah sosial. Sumbangan bagi sosial dan bangsa.
Anak-anak dapat mengakses bangunan yang memiliki simpanan buku besar, dan dapat mencari buku sesuai minat mereka, dan mereka dapat belajar yang tak terbatas ilmunya di sana.

PERPUSTAKAAN UMUM
Saya berkuliah di UPH, yang memiliki perpustakaan tercanggih dan terup-to-date di Indonesia. Saya sangat senang di sini dengan koleksi buku yang berkualitas dan up-to-date. Saya dengan mudah dapat menemukan buku berkualitas di sini dengan mudah yang harganya sangat mahal bila saya beli di luar. Saya menikmati kondisi belajar di perpustakaan.
Saya mendapat banyak ilmu dari buku-buku di perpustakaan daripada dari dosen-dosen.
Sebagai perbandingan, saya telah mengunjungi perpustakaan untar dan trisakti. Terlihat sangat kuno dan buku-bukunya tidak lengkap dan tidak up to date. Memang mereka unggul di buku kuno, tapi UPH sendiri sudah memiliki e-library. Jadi simpanan buku kuno juga ada dalam bentuk digital.
Perpustakaan ini saya terpikir adalah untuk umum, tidak terbatas hanya untuk anak-anak sekolah negri di sana saja, namun unutk umum.
Perpustakaan ini dapat diakses juga oleh anak perkuliahan. Setidaknya dapat mensuport kelengkapan buku dan pengtahuan di atas perpustakaan mereka yang sudah ada.
Di sana mahasiswa dapat dengan mudah mengakses perpustakaan umum ini, sebab mereka tinggal di tempat kos di sekitar grogol tersebut, dan ada juga yang di apartemen-apartemen sekitar. Secara lokasi sangat mendukung.
Program perpustakaan umum ini juga dapat menarik penduduk sekitar mungkin.

Program-program yang disuntikkan:
Simpanan dan peminjaman buku (utama) beserta ruang baca
Perpustakaan digital, tempat simpanan file-file elektronik, dan media-media digital
Ruang diskusi bagi para mahasiswa yang ingin mendiskusikan pelajaran
Taman bacaan outdoor, mungkin yang mau membaca sambil bersantai di luar
Ruang istirahat, ngobrol bagi para pembaca
Ruang presentasi, seminar jika ada launching buku baru mungkin

Program ruang:
Ruang buku: impor, local, pengetahuan, fiksi, nonfiksi
Ruang simpan literature kuno
Ruang simpan media, komputer, server, jurnal
Ruang baca
Ruang gudang
Ruang diskusi
Ruang seminar
Ruang baca outdoor
Toilet
Ruang kantor, pendataan, karyawan
Ruang parkir mobil motor
Ruang café

Harapan saya dengan suntikan program perpustakaan umum ini, dapat mendorong majunya daerah pendidikan di grogol.
Sumbangsihnya turut membantu mencerdaskan anak-anak pelajar penerus bangsa.
Mungkin mereka dapat pinjam dengan gratis, kalau yang umum dan mahasiswa meminjam dengan membayar tapi murah.
Fasilitas media seperti internet juga disediakan harapannya mengenalkan teknologi komputer dan internet pada anak-anak negri yang terbatas di sekolah mereka.
Harapannya dapat menciptakan kebiasaan membaca buku dari kecil dan mendorong independensi kesadaran untuk maju dari diri sendiri.
Ruang di mana ada kebebasan bagi semua orang untuk lebih mengetahui tentang bumi yang ditinggalinya.
Perpustakaan umum. Tempat mencari ilmu, sumber ilmu tak terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar